logo blog
Selamat datang di TIPS YAHUD, tempatnya tips-tips keren
Terima kasih atas kunjungan Anda,
semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.

7 Tips Yahud (sebelum) Mengadopsi Hewan Peliharaan

Tips Yahud - kali ini akan memberikan tips seputar hewan peliharaan. Bagi sebagian orang, memelihara pets atau hewan peliharaan dijadikannya sebagai hobi, teman bermain, bahan edukasi kepada keluarga dan masyarakat, pengisi waktu luang, prestis, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai lahan berbisnis. Yups, udah barang tentu bagi mereka pemain lama atau penghobis pets/ hewan peliharaan memahami dengan baik bagaimana cara memilih, merawat bahkan mengembangbiakan pets nya itu. Nahh...bagi kita-kita yang awam soal perbinatangan lebih baik belajar dulu apa aja sih tips-tips sebelum kita memutuskan untuk membeli dan memelihara hewan peliharaan? Jangan kawatir, Tips Yahud akan memberikan 7 Tips Yahud (sebelum) Mengadopsi Hewan Peliharaan. Apa aja ketujuh tips nya? Ini dia...
  • Pertimbangkan Kecukupan Waktu 
Faktor waktu bisa dikatakan sebagai pertimbangan pertama seseorang memelihara hewan. Ya, sudah jelas kalau gak ada waktu luang pastinya hewan peliharaan bakal tidak terawat, bisa jadi kelaparan, sakit-sakitan, hilang, bahkan mati. Mangkanya, sebelum kita memutuskan untuk membeli pets, sewajibnya kita pertimbangkan seberapa banyak waktu luang yang kita punya buat ngurus pets. Tips yahudnya jika kita sibuk bekerja dari pagi hingga sore, pilihlah pets yang tidak membutuhkan perawatan ekstra, seperti harus dijemur tiap pagi (misal reptile jenis lizard/kadal) karena jikalau tidak rutin dijemur akan rawan terkena jamur dan MBD atau penyakit tulang. So, jangan memilih hewan jenis ini, kecuali kita akan menempatkannya di kandang outdor/ semi outdor.
  • Pilihlah Sesuai Karakter
Setiap orang pasti punya karakter berbeda, mungkin ramah, emosional, bijak, dll. Nahh tips yahudnya adalah pilihlah pets sesuai selera/ hobi/ karakter kita. Misal kita suka hal-hal yang menantang, pilih aja jenis reptil atau mamalia yang aktif (misal musang, biawak, kadal, dll), bukan tipe pendiam. Jika berjiwa lembut (kayak ane hahaa), mungkin bisa memilih kucing, kelinci, hamster, sugar glider, dll. Katanya siih, jenis hewan peliharaan/pets mencerminkan karakter si pemilik, benar-tidaknya silakan buktikan sendiri !
  • Cari Informasi Soal Hewan
Jika kita sudah memiliki alternatif pilihan hewan apa yang akan kita adopsi, jangan langsung main beli aja...sabar, kita masih perlu googling atau tanya-tanya ke teman mengenai hewan yang akan kita pilih itu. Buat apa? Ya tentu buat persiapan dong.. kan kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, artinya sediakan ilmu dulu sebelum mulai memelihara. Ingat, hewan juga punya nyawa. Memutuskan memeliharanya, berarti kita bersedia untuk menjaga dan merawat dengan sebaik-baik pelayanan kita. Mangkanya kita belajar dulu dari mbah google atau dari teman-teman yang sudah pernah memelihara hewan tsb untuk meminimalisir segala risiko yang akan muncul dikemudian hari. Dengan begitu kan kita jadi tahu berapa harga pasaran hewan yang kita inginkan, bagaimana ciri-ciri hewan yang sehat/bagus, apa aja kebutuhan perlengkapannya, bagaimana perawatannya dan bahkan cara mengembangbiakannya.
  • Ketahui Bagaimana Dukungan Lingkungan
Kalau sudah yakin dengan hewan pilihannya, apakah hewan A, B, C, atau D, tinggal cari persetujuan keluarga dan lingkungan aja sih. Ingat, yang kita suka belum tentu disukai sama keluarga kita maupun lingkungan kita tinggal. misal di perumahan, ada beberapa perumahan yang melarang warganya memelihara anjing/kucing. Nahh ini jadi persoalan penting kan..jadi tips yahudnya pilihlah hewan yang disetujui oleh keluarga maupun lingkungan tempat tinggal kita ya Sob..dengan begitu tidak akan ada masalah dikemudian hari.
  •  Siapkan Budget dan Perlengkapan
Budget/ dana perlu kita persiapkan jauh-jauh hari sebelum kita mencari hewan yang ingin kita adopsi. Budget ini tidak hanya untuk biaya adopsinya aja lho..ingat masih ada biaya pakan, kandang dan mungkin perlengkapan/ asesoris lainnya. Untuk besaran biaya yang kita butuhkan, cobalah untuk googling/ tanyakan ke teman yang sudah mengerti dunia perbinatangan, hehe. Nahh, kalau dananya sudah kita siapkan kan enak to? jadi gak kepikiran untuk biaya ini itunya.
  • Cek Kondisi Hewan
Sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana hewan yang sehat/bagus. Nahh selanjutnya ketika akan membelinya, kita cek fisiknya bagus/tidak, ada penyakitnya atau tidak, dan jangan segan-segan untuk menanyakan plus-minusnya hewan yang akan kita beli itu kepada penjual. Jika sudah cocok, angkut dahhh.
  • Komit dan Konsekuen
Terakhir, komitmen untuk merawat pets dengan sebaik-baiknya dan konsekuen terhadap segala macam permasalahan yang timbul ketika kita memelihara pets. Jika kita punya komitmen tinggi untuk merawat pets, insyaallah pets kita akan terawat, sehat dan pastinya bakal setia sama kita.

Itulah 7 Tips Yahud (sebelum) Mengadopsi Hewan Peliharaan, semoga sukses dalam merawat petsnya.

Sumber Foto: Kucing dalam Cangkir
Enter your email address to get update from Tips Yahud.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
This is the oldest page

Copyright © 2014. Tips Yahud - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Powered by Blogger